UJIAN KEIKHLASAN, UJIAN KEJUJURAN

Ikhlas dan jujur, dua kata yang erat kaitannya dengan hati.

Pada bulan ramadhan ini, hati kita kembali dilatih untuk mengasah keikhlasan dan kejujuran.

Pertanyaan harus selalu kita tujukan pada diri sendiri, apakah kita benar-benar ikhlas menjalani shaum ini? Apakah shaum yang kita laksanakan semata-mata hanya mengharap ridho Allah?

Jika di hati kita masih ada ganjalan tentang keikhlasan dalam beribadah dan bertindak, inilah saatnya kita melatih hati agar keikhlasan selalu hadir dalam diri kita.

Pertanyaan berikutnya, apakah shaum ini kita jalani dengan kejujuran? Adakah perusak-perusak shaum sempat kita lakukan saat shaum berlangsung? Apakah saat shaum kita masih sempat berdusta, berbicara kotor atau menggunjing? Kita harus jujur mengakui pada diri sendiri jika perusak-perusak shaum masih kita lakukan. Selanjutnya kita perbaiki diri, hilangkan semua perusak-perusak shaum itu.

Mumpung shaum masih diawal bulan ramadhan, masih banyak waktu kita untuk memperbaiki shaum dan melatih diri.

Shaum bisa menjadi ujian keikhlasan dan kejujuran, karena ketika shaum hanya Allah dan diri kita saja yang benar-benar mengetahui apakah kita shaum atau tidak.

Wallahu a’lam bilshowab

Ismail Marzuki

3 thoughts on “UJIAN KEIKHLASAN, UJIAN KEJUJURAN

  1. As. Wr. Wb. sy punya kasus. tahun 2000 sy beli Lahan dari si A, kemudian lahan di garap sama orang Tua. tahun 2004 sy mmbuat surat kuasa sama adik kandung untuk menjualkan dalam surat kuasa pembelinya diminta dibawa ke sy, tp sama adik kandung di jual sama si D, dari si D jual lagi sama si E. sy tidak pernah kedatangan sama pembeli (sy tidak pernah tanda tangan menjual lahan). sy datang ke desa (kepala Desa) mau membuat surat (AJB dg si A), kepala desa menerima biayanya 16 Agustus 2006 sanggup membuatkan AJBnya, tp tidak jadi2 dibuatkan, sy datangin si A dan membuat pernyataan Jual Beli bermaterai 16 Maret 2008 memperkuat kuitansi tahun 2000 dan minta biayanya untuk membuat AJBnya. tp ternyata sampai sekarang AJB tidak dibuatkan (tidak jadi2). Malah si A membuat AJB dg si E 24 April 2008. MOHON Solusinya supaya Lahan Hak sy kembali. Terimakasih

    • Tanggapan

      Bapak Empah Fahruddin

      Masalah ini sudah termasuk dalam hukum pidana.

      Pasal 385 Kitab UU Hukum Pidana

      Diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun:

      1. barang siapa dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, menjual, menukarkan atau membebani dengan creditverband sesuatu hak tanah yang telah bersertifikat, sesuatu gedung, bangunan, penanaman atau pembenihan di atas tanah yang belum bersertifikat,
      padahal diketahui bahwa yang mempunyai atau turut mempunyai hak di atasnya adalah orang lain;

      Jadi, Bapak dapat melaporkan A atas tindakannya menjula tanah tersebut ke orang lain.

      Demikian, semoga bermanfaat.

      Ismail Marzuki

  2. slamat mlam pa
    sbelumnya sy ingin meminta bntuan masukan dri bpa ismail, lngsung topik prmasalahan pa, kakek sy mempunyai tanah sluas 3rbu m, stelah itu sbagian tanah di wriskan kpada anak” y, hingga tersisa kurang lbih 1500 m, sisa tnah itu sudah pluhan thun tnah di bngun u/ pendidikan bngunan sd. entah knapa prmasalahan bru kluar skrang ini, kalau kakek sy tidak prnah mrasa menjual atau menghibahkan tanah trsebut. setelah kluar prmasalahan tersebut, lngsung sy slidiki kpda pihak” terkait dalam prmasalahan. dan ternyata smpai skrang ini tanah yg bersengketa belum ada dta sah (belum brsurat), sdangkan dta sah kakek sy (girik) hilang, yg tersisa hanya bukti pembayaran pjak tnah tersebut.
    prtanyaan y pa . apakah bukti dri surat pembayaran pjak sja sdah ckup kuat bahwa tnah trsebut sah mlik kakek sy
    prtanyaan k2 . langkah apa yg sy hrus tempuh untuk membuktikan tnah tersebut .
    pertanyaan ke3 . dimna pusat surat” a/ ukuran tnah yg brda di pemerintahan kota depok pa krna sy ingin lbih mngetahui silsilah tnah tersebut.
    krna sbagian orang ada yg bilang di daerh bndung dan ada yg bilang di daerah ciganjur ..
    krna mnurut sy pa itu dta terpenting untuk mengetahui ukuran tnah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s