SAAT SEDIH MENYAPA

SAAT SEDIH MENYAPA

Disamping kematian, sesuatu yang sulit diterka kehadirannya pada diri kita adalah rasa sedih dan gembira.

Perasaan sedih dalam diri seseorang bisa hadir saat dirinya merasakan kehilangan sesuatu yang sangat disayanginya. Rasa sedih juga bisa muncul ketika alam pikiran ini mengembara jauh kembali ke masa lalu, kemudian membayangkan kesenangan dan keriangan masa lalu tidak akan kembali, karena masa lalu telah berhenti ketika jarum jam bergerak maju.

Saat sedih adalah saat hati merasa kehilangan, saat hati diliputi rasa takut pada gambaran buruk masa depan.

Saat sedih menyapa, adalah saatnya bagi kita untuk berusaha mengingat kembali  sambil menimbang-nimbang seberapa berat kesedihan yang kita alami saat ini dibandingkan kesenangan yang telah kita nikmati sejak kita dilahirkan. Yakinlah bahwa kesenangan dan kenikmatan yang kita terima jauh lebih besar daripada kesedihan yang kita alami.

Bukankah mata yang kita miliki adalah bagian dari kesenangan dan kenikmatan? Demikian banyak kesenangan yang kita rasakan melalui mata. Kaki, tangan, mulut dan seluruh panca indera serta bagian tubuh kita, bukankah itu kenikmataan yang selalu kita rasakan?

Jika kita mau jujur membandingkan, ternyata lebih banyak kesenangan yang kita dapatkan dalam hidup dibandingkan dengan kesedihan yang kita terima,  sepanjang kita mau bersyukur kepada Allah atas semua kesenangan dan kenikmatan yang ada.

Jadi, saat sedih menyapa, jangan biarkan kesedihan itu menetap dalam hati kita. Jangan biarkan hati kita tenggelam hanya meratapi kesedihan, padahal masih banyak kesenangan yang dapat kita peroleh dari tubuh kita. Dengan mulut kita bisa dapatkan kenikmatan dengan menyebut nama Allah, membaca Al-Qur’an. Tangan kita, kita bisa gunakan untuk menolong sesama, kaki kita dapat digunakan untuk melangkah ke majelis-majelis ilmu. Dengan mengoptimalkan semua kesenangan dan kenikmatan yang ada, insya Allah kesedihan yang ada pada hati kita akan pergi.

Wallahu a’lam bishshowab

Ismail Marzuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s