BELAJAR BERTERIMA KASIH

BELAJAR BERTERIMA KASIH

“Ayoo nak..bilang terima kasih sama Oom..”

Ketika kita masih kecil, kedua orang tua kita selalu mengajarkan agar kita berterima kasih kepada orang yang telah memberikan sesuatu kepada kita. Ajaran luhur tersebut terus kita pegang teguh hingga sekarang. Dalam usia dewasa, ucapan dan sikap terima kasih sering kita lontarkan kepada atasan kita ketika kita menerima gaji, THR atau Bonus tahunan.

Gaji, THR, Bonus atau apapun namanya hanyalah sebagian kecil kenikmatan yang kita peroleh “melalui” tangan manusia. Padahal demikian banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada kita dan kita terima dengan gratis. Udara yang kita hirup sehari-hari merupakan pemberian Allah yang gratis. Pernahkah kita berterima kasih kepada Allah?

Jika ungkapan terima kasih kepada sesama manusia kita wujudkan dalam bentuk perkataan dan senyuman, maka ungkapan terima kasih kepada kepada Allah harus lebih dari itu.

Untuk berterima kasih kepada Allah pertama kali kita harus tanamkan dalam hati kita bahwa kita berterima kasih, kita bersyukur atas semua kenikmatan yang Allah berikan, bahwa semua itu adalah datangnya dari Allah. Yang kedua adalah kita berterima kasih dalam bentuk ucapan lisan, seperti “Alhamdulillah”. Yang ketiga adalah kita berterima kasih dengan seluruh anggota tubuh kita, yaitu menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

Yang sering kita lupakan barangkali berterima kasih atau bersyukur kepada Allah dengan seluruh anggota tubuh. Mendirikan Sholat, misalnya, kadang kita lupakan. Padahal mendirikan Sholat sebagai bagian dari ungkapan syukur kita kepada Allah. Kita semangat ketika berangkat ke kantor, kita semangat ketika hari gajian, tetapi kita lalai ketika waktu Sholat tiba.

Masihkan kita layak disebut sebagai orang yang pandai berterima kasih jika untuk Sholat saja kita berat melakukannya?

Mumpung masih ada waktu, marilah kita belajar berterima kasih kepada Allah dengan segala aspeknya.

Wallahu a‘lam bish showab

Ismail Marzuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s