11-11-11

Ada yang “istimewa” pada hari ini, Jumat 11 November 2011. Meskipun hari Jumat itu sendiri merupakan hari yang istimewa, namun pada Jumat ini keistimewaan itu justru terletak pada tanggalnya, dengan call sign 11-11-11.

Di Jakarta saja, menurut berita ada sekitar 1.000 pasang calon pengantin yang akan menikah di 11-11-11, belum termasuk yang di daerah lain di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Pertemuan-pertemuan komunitas termasuk reuni memilih 11-11-11 sebagai hari H, mungkin dengan harapan mudah diingat dan bisa menjadi momen bersejarah.

Lalu bagaimana kita menyikapi 11-11-11 tersebut?

11-11-11 hanyalah sebuah sebutan, yang bagi sebagian orang mungkin memiliki arti khusus. Justru yang menarik dari 11-11-11 adalah “kemampuan” dari 11-11-11 itu sendiri yang menyadarkan manusia bahwa ada dimensi waktu dalam kehidupan kita, dimensi yang mungkin selama ini sering dilupakan. Kita hanya mengingat pentingnya waktu ketika akan berangkat kerja, bergegas menuju tempat kerja, berpacu dengan waktu agar bisa tiba tepat waktu. Bahkan hari ini pun saya sangat “bergantung” pada waktu ketika menuju bandara Sam Ratulangi. Sering kali waktu bagi kita hanya berguna ketika kita berbicara urusan duniawi.

11-11-11 hanyalah susunan angka yang menunjukkan suatu tanggal. Tanggal, waktu, masa hanya akan bermanfaat ketika kita mampu menggunakannya dengan sebaik-baiknya untuk suatu tujuan, suatu tempat yang kita semua akan mendatanginya, akhirat. Kita tidak boleh mengabaikan urusan duniawi dengan alasan akhirat, karena akhirat yang akan kita raih ditentukan dari saat kita di dunia. Akan tetapi kita juga tidak boleh hanya mengutamakan duniawi karema tujuan akhir kita adalah akhirat.

11-11-11 bisa kita jadikan sarana introspeksi diri, meskipun introspeksi itu tidak harus hanya hari ini.

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran” [QS 103: 1-3]

Semoga kita semua dapat memanfaatkan waktu dengan baik untuk bekal akhirat, dan bukan dimanfaatkan oleh waktu hanya untuk urusan duniawi.

Wallahu a’lam bish showab

Bunaken, Garuda Lounge, Bandara Samratulangi

Jumat, 11-11-11

14.49 WITA

Ismail Marzuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s