Foto Bugil Sarah dan Rahmah Azhari

Pekan belakangan ini dunia maya diramaikan kembali dengan berita “heboh” penampilan terbaru dari foto yang konon katanya sosok “Sarah dan Rahmah Azhari”. Permasalahan sedikit bergeser ketika Roy Suryo berkomentar bahwa foto tersebut asli, dan tentu saja, pendapat Roy ini membuat berang pihak Rahmah dan Sarah. Demikian berangnya hingga keluarga Azhari tersebut berniat memenjarakan Roy Suryo. Anehnya Rahmah pun mengakui bahwa foto tersebut memang asli.

Terlepas dari asli atau tidaknya foto tersebut dan apapun niat pihak yang meng-upload-nya ke duania maya, banyak kalimat yang bisa terucap dari peristiwa ini. Entah telah berapa selebriti kita, termasuk yang terhormat anggota DPR  yang mengalami hal sama dalam hal pemuatan foto atau film “pribadi”. Saya hanya berandai-andai, seandainya foto-foto tersebut adalah benar berisi tubuh para selebriti kita, pertanyaannya adalah kenapa sih ada orang yang senang dipotret telanjang? Jika ada laki-laki yang senang melihat gambar telanjang (gambar manusia tentunya), mungkin kita masih menganggap wajar karena bisa saja gambar itu sebagai perangsang bagi gairah sexualnya. Tetapi apa sih enaknya dipotret telanjang? Apakah manusia zaman sekarang lebih memiliki  sifat exhibitionism? senang memamerkan tubuhnya?

Kamar mandi, tempat tidur, kegiatan ML adalah tempat-tempat dan suasana yang sangat dijaga privasinya. seseorang yang ingin ML (di Indonesia lhoo..!) pasti memilih tempat tersembunyi. Yang suami isteri ML di kamar tidur rumahnya, bagi yang selingkuh mencari tempat khusus bergantung pada isi kantong dan kadar kerahasiaannya. Bagi yang duitnya banyak akan memilih check in di hotel berbintang, bagi yang tidak punya duit, cukup di bawah terangnya bintang sebuah taman tapi tetap tersembunyi.

Di satu sisi, kamera apapun bentuknya entah bernama Handy cam, tustel, kamera saku dll adalah salah satu media untuk penyebaran informasi. Dengan foto atau film, informasi yang kita sampaikan akan semakin berbobot. Ketika perang Irak terjadi, suasana mencekam sangat terasa saat kita menyaksikan pertempuran langsung lewat video dalam suatu tayangan berita, hal ini berbeda jika kita hanya mendengar suara pembawa berita saja.

Dua hal tadi, yaitu kamar mandi atau kamar hotel dan kamera adalah dua hal yang bertolak belakang. Yang satu (kamar mandi, tempat tidur, kamar hotel) merupakan tempat pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya, sedangkan yang satunya lagi (kamera) merupakan sarana publikasi yang justru hasil jepretannya ditujukan untuk dilihat. Ketika suatu peristiwa terekam oleh kamera, maka seketika itu pula hilanglah yang namanya privasi meskipun sipemilik kamera menghendaki demikian. Karena setelah adegan masuk dalam rekaman kamera, setiap orang dapat melihat isi kamera tersebut. Video atau produk Kamera atau produk foto hanyalah benda mati yang tidak dapat memilih dan menentukan siapa-siapa yang boleh melihat “dirinya”. Setiap orang yang kebetulan dekat dengan produk video atau foto dapat dengan leluasa melihatnya tanpa harus diketahui motivasinya.

Jadi, jika ingin selamat, kenapa harus memotret diri di kamar mandi? jika ingin aman kenapa harus memvideokan diri saat ML di hotel? Jika inginnya rahasia kenapa harus membuka peluang terjadinya publikasi? apakah kita takut lupa akan bentuk tubuh sendiri sehingga harus kita abadikan dalam bentuk foto?

 

One thought on “Foto Bugil Sarah dan Rahmah Azhari

  1. YANG TERHORMAT SELURUH ORANG INDONESIA, MALAYSIA, BENUA ASIA DAN RUSIA DI MANA SAJA BERADA
    Tolong Sampaikan kepada Sarah Azhari bersaudara, agar di tahun 1430H/2009M ini tidak lagi membuat sensasi yang macam-macam, ingat anak cucumu setelah kalian meninggal…dosanya niku loh MBAK…siapa yang tanggung!!!Sumpah hanya sedikit sekali orang sulsel yang suka GAYA ‘LO, BE**, BE*****, TO***, JAHILIAH dan JAHIL Ambil saja semua….thanks

    Makassar

    ====
    maaf, beberapa huruf kami ganti dengan **, demi tetap menjaga sopan santun

    Ismail Marzuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s